RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas / Semester : XII MIPA / 1 (Satu)
Pertemuan : 20 - 27
Alokasi Waktu : 16 Jam Pelajaran (16 x 45
menit)
A.
Kompetensi Inti :
KI.1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI.2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleransi, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI.4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar :
1.1.
Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan komplesitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan
magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan
teknologi untuk mempermudah kehidupan
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
2.2.
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4. Menganalisis induksi
magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi
4.4. Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan gaya
magnetik di sekitar kawat berarus listrik
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.1.
Menerapkan
kajian ilmu pengetahuan dan menyelaraskan dengan anugerah yang telah diberikan
Tuhan berupa ilmu agama
2.1.1. Membiasakan sikap rasa ingin tahu, kritis,
teliti, hati-hati, dan tanggungjawab dalam melakukan setiap percobaan
2.1.2. Mengaplikasikan sikap cermat, peduli,
inovatif, dan kratif dalam mengemukakan pendapat dalam forum diskusi
2.2.2. Menjunjung
tinggi nilai-nilai sosial dengan menghargai pendapat dan pembagian tugas secara
adil terhadap anggota kelompok dalam melakukan percobaan maupun melaporkan
hasil percobaan
3.4.1. 3.4.1. Menjelaskan penemuan Oersted
3.4.2. 3.4.2. Menjelaskan induksi magnet
3.4.3. 3.4.3. Menjelaskan gaya Lorentz
3.4.4. 3.4.4. Menyebutkan
penerapan gaya Lorentz
4.4.1. Menerapkan
penemuan Oersted dengan mengamati hubungan kemagnetan dan kelistrikan
4.4.2. 4.4.2. Menganalisis induksi magnet pada kawat berarus
listrik
4.4.3. 4.4.3 Menganalisis gaya Lorentz pada kawat berarus
listrik
4.4.4. 4.4.4. Menjelaskan penerapan gaya Lorentz dalam teknologi
D.
Materi Pelajaran
·
Percobaan Oerstad
·
Induksi Magnet di Sekitar
Kawat Berarus
·
Gaya Lorentz
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (4 x 45 menit) : Penemuan Oersted, Induksi Magnet di Sekitar
Kawat Lurus Berarus Listrik, dan Induksi Magnet di Sekitar Kawat Sejajar
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
· Guru mengajak peserta didik untuk berdoa
· Guru menyapa dan mena-nyakan kabar peserta
didik
· Guru mengabsensi kehadir-an peserta didik
· Guru menyampaikan advan-ced organizer
tentang me-dan magnet, yang di dalam-nya mengandung motivasi belajar bagi
peserta didik
· Guru bertanya tentang kelistrikan dan
kemagnetan, yang bertujuan untuk memberi pengetahuan awal kepada peserta
didik agar mudah dan siap melakukan kegiatan pembelajaran
|
· Peserta didik berdoa
· Peserta didik mempersiapkan segala hal yang akan
digunakan dalam kegiatan pembelajaran
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan 4.1
· Guru memfasilitasi peserta didik untuk
membaca prosedur percobaan
· Guru membimbing peserta didik untuk mengajukan
pertanyaan
· Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan
percobaan sesuai dengan prosedur percobaan
· Guru mengajak peserta didik untuk
menganalisis hasil pengamatan yang diberikan
· Guru meminta peserta didik untuk
mendemonstrasikan kegiatan di depan kelas
Tugas Kelompok 1
· Guru meminta peserta didik untuk mencari
informasi tentang William Gilbert
· Guru menghimbau peserta didik untuk membuat
tulisan tentang fenomena kemagnetan bumi
· Guru memberi waktu kepada peserta didik
untuk menger-jakan tugas yang diberikan
Tugas Kelompok 2
· Guru mengajak peserta didik untuk
mempelajari materi induksi magnet
· Guru memotivasi peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan apabila belum memahami materi tersebut
· Guru menghimbau peserta didik untuk mencoba
mambaca referensi lain
· Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan
soal secara berkelompok
· Guru mengajak peserta didik untuk menulus
jawaban di depan kelas
|
Kegiatan 4.1
·
Mengamati
Peserta didik membaca langkah-langkah percobaan yang
diberikan
·
Menanya
Peserta didik menanyakan prosedur percobaan apabila
masih kurang memahami
·
Mengumpulkan
data
Peserta didik mencoba melakukan eksperimen
·
Mengasosiasi
Peserta didik menganalisis hasil percobaa
·
Mengkomunikasikan
Peserta didik mendemonstra-sikan hasil kegiatan di
depan kelas
Tugas Kelompok 1
·
Mengamati
Peserta didik membaca perin-tah kegiatan yang diberikan
·
Menanya
Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami
tentang perintah yang diberikan
·
Mengumpulkan
data
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang fenomena
kemagnetan bumi
·
Mengasosiasi
Peserta didik menarik kesimpulan tentang fenomena
kemagnetan bumi
·
Mengkomunikasikan
Peserta didik mengumpulakn hasil pekerjaan kepada guru
Tugas Kelompok 2
·
Mengamati
Peserta didik mempelajari dengan tekun materi tentang
induksi magnet di sekitar kawat sejajar
·
Menanya
Peserta didik bertanya kepada guru jika belum paham
materi tersebut
·
Mengumpulkan
data
Peserta didik mencoba mem-baca referensi lain yang
ber-kaitan dengan induksi magnet di sekitar kawat sejajar
·
Mengasosiasi
Peserta didik mengerjakan so-al yang ada secara
berkelom-pok dan menunjukkan perilaku ilmiah selama berdiskusi
·
Mengkomunikasikan
Peserta didik menulis jawaban di papan tulis dengan percaya diri
|
140 menit
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru merefleksi hasil pem-belajaran tentang penemuan Oersted dan induksi
magnet oleh kawat panjang lurus berarus listrik dan di sekitar kawat sejajar
· Guru memberikan umpan balik mengenai proses pembelaja-ran tentang
penemuan Oersted dan induksi magnet oleh kawat panjang lurus berarus listrik
dan di sekitar kawat sejajar
· Guru melakukan evaluasi dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari
materi selanjutnya
· Guru menginformasikan ma-teri selanjutnya yaitu induksi magnet oleh
solenoida dan teroida
|
· Peserta didik melakukan refleksi terhadap hasil
pembe-lajaran pertemuan pertama di bawah bimbingan guru
· Peserta didik meperhatikan nasehat guru berkaitan
dengan umpan balik yang diberikan oleh guru
|
20 menit
|
Pertemuan II (4 x 45 menit) : Induksi
Magnet di Sekitar Kawat Sejajar, Kawat Melingkar Berarus Listrik, Solenoida dan
Teroida
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
· Guru mengajak peserta didik untuk berdoa
· Guru menyapa dan meng-absensi kehadiran
peserta didik
· Guru bertanya tentang mate-ri yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
· Guru bertanya jawab tentang induksi magnet
di sekitar kawat sejajar dan melingkar berarus
|
· Peserta didik berdoa
· Peserta didik mempersiapkan segala hal yang akan
digunakan dalam kegiatan pembelajaran di pertemuan II
· Peserta didik memperhatikan penjelasan yang disampaikan
guru
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Tugas Kelompok 1
·
Guru menghimbau
peserta didik untuk membaca materi tentang induksi magnet di pusat kawat
melingkar berarus listrik
·
Guru memotivasi
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan apabila belum memahami materi
tersebut
·
Guru mengajak
peserta didik untuk mengerjakan soal yang diberikan secara berkelompok
·
Guru meminta
peserta didik untuk menulis jawaban di papn tulis
Tugas Kelompok 2
·
Guru meminta
peserta didik untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan
·
Guru
mengharuskan peserta didik untuk menyimpulkan hasil pekerjaan kepada guru
Kegiatan 4.2
·
Guru menuntun
peserta didik untuk memperhatikan diagram solenoida dan teroida
·
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru
·
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk mencoba membaca materi tentang solenoida
dan teroida
·
Guru meminta
peserta didik untuk menunjukkan arah medan magnet dari gambar solenoida dan
teroida
·
Guru menunjuk
peserta didik untuk menyampaikan jawaban di depan kelas dengan percaya diri
Tugas Kelompok 3
·
Guru meminta
peserta didik untuk membaca materi tentang induksi magnet di sekitar
solenoida dan teroida
·
Guru memotivasi
peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami tentang solenoida
dan teroida
·
Guru menghimbau
peserta didik untuk mencoba membaca referensi lain dari berbagai media
·
Guru mengharuskan
peserta didik untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan
·
Guru memfasilitasi
peserta didik untuk menuliskan jawaban di depan kelas
|
Tugas Kelompok 1
·
Mengamati
Peserta didik membaca materi tentang induksi magnet di
pusat kawat melingkar berarus listrik
·
Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan apabila belum
memahami materi tersebut
·
Mengumpulkan
data
Peserta didik mencoba mengerjakan soal yang diberikan
·
Mengasosiasi
Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan dengan baik
·
Mengkomunikasikan
Peserta didik menuliskan hasil jawaban di papan tulis
dengan percaya diri
Tugas Kelompok 2
·
Mengamati
Peserta didik membaca persoalan yang diberikan
·
Menanya
Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami ten-tang
persoalan yang diberikan
·
Mengumpulkan
data
Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan
·
Mengasosiasi
Peserta didik menyimpulkan hasil persoalan yang
dikerjakan
·
Mengkomunikasikan
Peserta didik menuliskan hasil jawaban di papan tulis
dengan percaya diri
Kegiatan 4.2
·
Mengamati
Peserta didik memperhatikan diagram solenoida dan
teroida
·
Menanya
Peserta didik bertanya kepada guru jika belum memahami
gambar tersebut
·
Mengumpulkan
data
Peserta didik membaca materi tentang solenoida dan
teroida
·
Mengasosiasi
Peserta didik menunjukkan arah medan magnet dari gambar
solenoida dan teroida
·
Mengkomunikasikan
Peserta didik mengkomunika-sikan jawaban di depan kelas
dengan percaya diri
Tugas Kelompok 3
·
Mengamati
Peserta didik membaca materi tentang induksi magnet di
sekitar solenoida dan teroida
·
Menanya
Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami
tentang solenoida dan teroida
·
Mengumpulkan
data
Peserta didik mencoba membaca referensi lain dari
berbagai media
·
Mengasosiasi
Peserta didik menyelesaikan persoalan yang diberikan
·
Mengkomunikasikan
Peserta didik menuliskan jawaban di depan kelas
|
140 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
Guru merefleksi hasil pem-belajaran tentang induksi magnet di sekitar
kawat se-jajar dan melingkar berarus listrik dan induksi magnet di sekitar solenoida
dan teroida
·
Guru memberikan umpan balik mengenai proses pem-belajaran tentang induksi
magnet di sekitar kawat se-jajar dan melingkar berarus listrik dan induksi
magnet di sekitar solenoida dan teroida
·
Guru melakukan evaluasi dan menugaskan peserta di-dik untuk mempelajari
materi selanjutnya
·
Guru menginformasikan ma-teri selanjutnya yaitu gaya Lorentz
|
· Peserta didik melakukan refleksi terhadap
hasil pembe-lajaran pertemuan kedua di bawah bimbingan guru
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
berkaitan dengan umpan balik yang diberikan oleh guru
|
20 menit
|
Pertemuan III (4 x 45 menit) : Gaya Lorentz
dan Penerapan Gaya Lorentz dalam Kehidupan
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi Kegiatan
Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Guru mengajak peserta didik untuk berdoa
· Guru menyapa dan mena-nyakan kabar peserta
didik
· Guru mengabsensi kehadiran peserta didik
· Guru bertanya tentang materi yang telah
dipelajari pada per-temuan sebelumnya
· Guru bertanyan tentang gaya Lorentz dan
penerapannya dalam kehidupan
|
· Peserta didik berdoa
· Peserta didik mempersiap-kan segala hal yang
akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran di pertemuan III
· Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
disampai-kan guru
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan 4.3
· Guru menghimbau peserta di-dik untuk membaca
prosedur percobaan yang diberikan
· Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan
pertanyaan apabila belum memahami materi tersebut
· Guru mendampingi peserta di-dik untuk melakukan
percoba-an berdasarkan prosedur yang diberikan
· Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis
permasalahan yang diberikan
· Guru menunjuk peserta didik untuk
mempresentasikan hasil analisis bersama dengan teman sekelompok
Kegiatan 4.4
· Guru mendampingi peserta didik untuk memperhatikan
sketsa gambar kawat sejajar berarus listrik dengan arah arus yang searah
serta yarah arus yang berlawanan arah
· Guru menyampaikan bebera-pa pertanyaan
kepada peserta didik untuk diselesaikan
· Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan
tugas secara berkelompok
· Guru menghimbau peserta di-dik untuk menyimpulkan
hasil kegiatan yang telah dilakukan
· Guru mendampingi peserta didik saat
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas
Tugas Kelompok 1
· Guru mengajak peserta didik untuk
menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan dikerjakan di rumah
· Guru menghimbau peserta didik untuk
mengumpulkan tugas dengan tepat waktu
Tugas Kelompok 2
· Guru memfasilitasi peserta didik untuk
membaca materi tentang gaya lorentz pada partikel bermuatan
· Guru memotivasi peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan kepada guru apabila belum memahami materi tersebut
· Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan
permasalahan yang diberikan
· Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menulis jawaban di papan tulis
Kegiatan 4.5
· Guru mengajak peserta didik mencari gambar
kereta maglev
· Guru memotivasi peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan apabila belum memahami materi yang telah diberikan
· Guru mendampingi peserta didik untuk mencari
referensi tentang teknologi kereta maglev di perpustakaan
· Guru memfasilitasi peserta didik untuk
menganalisis teknologi kereta maglev
· Guru menunjuk peserta didik untuk
mempresentasikan hasil analisis di depan kelas
Tugas Proyek
· Guru mengajak peserta didik untuk mengamati
motor listrik
· Guru menerima pertanyaan yang diajukan
peserta didik
· Guru mendampingi peserta didik dalam membuat
proyek
· Guru memfasilitasi peserta didik untuk berkonsultasi
tentang proyek yang dilaksanakan
· Guru menghimbau peserta didik untuk menyelesaikan
tugas dan mengumpulkan dalam waktu 3 minggu
|
Kegiatan 4.3
· Mengamati
Peserta didik membaca prosedur percobaan yang diberikan
· Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan apabila belum memahami materi
tersebut
· Mengumpulkan data
Peserta didik melakukan per-cobaan berdasarkan prose-dur yang diberikan
· Mengasosiasi
Peserta didik menganalisis permasalahan yang diberikan
· Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresenta-sikan hasil analisis bersama dengan teman
sekelompok
Kegiatan 4.4
· Mengamati
Peserta didik memperhatikan gambar
· Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan apabila belum memahami permasalahan
yang diberikan
· Mengumpulkan data
Peserta didik mencoba membaca materi tentang induksi magnet oleh kawat
lurus dan gaya lorentz
· Mengasosiasi
Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan dengan baik
· Mengkomunikasikan
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi di depan kelas dengan komunikatif
Tugas Kelompok 1
· Mengamati
Peserta didik memperhatikan gambar gaya lorentz pada kawat sejajar panjang
lurus dan berarus listrik
· Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan apabila belum memahami gambar yang
diberikan
· Mengumpulkan data
Peserta didik membaca materi gaya lorentz dengan sungguh-sungguh
· Mengasosiasi
Peserta didik menganalisis gambar yang diamati berda-sarkan pengetahuan
peserta didik tentang gaya lorentz
· Mengkomunikasikan
Peserta didik menyampaikan hasil analisis di depan kelas dengan percaya diri
Tugas Kelompok 2
· Mengamati
Peserta didik membaca dan memahami uraian materi tentang gaya lorentz pada
partikel bermuatan
· Menanya
Peserta didik bertanya pada guru jika belum memahami materi
· Mengumpulkan data
Peserta didik menganalisis bentuk lintasan yang dilalui muatan yang
bergerak pada medan magnet
· Mengasosiasi
Peserta didik menganalisis persoalan secara mandiri untuk mengasah
kemampuan peserta didik
· Mengkomunikasikan
Peserta didik menulis jawab-an di papan tulis dengan rapi
Kegiatan 4.5
· Mengamati
Peserta didik mencari gambar kereta maglev
· Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan apabila belum memahami materi yang
telah diberikan
· Mengumpulkan data
Peserta didik mencari refe-rensi tentang teknologi kereta maglev di
perpustakaan
· Mengasosiasi
Peserta didik menganalisis teknologi kereta maglev
· Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresenta-sikan hasil analisis di depan kelas
Tugas Proyek
· Mengamati
Peserta didik mengamati tentang motor listrik
· Menanya
Peserta didik bertanya kepada guru tentang tugas proyek yang diberikan
· Mengumpulkan data
Peserta didik mencoba mengerjakan proyek yang diberikan
· Mengasosiasi
Peserta didik berkonsultasi dengan guru tentang proyek yang diberikan
· Mengkomunikasikan
Peserta didik mengumpulkan tugas proyek dalam waktu 3 minggu dengan tepat waktu
|
140 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
Guru merefleksi hasil pem-belajaran tentang gaya Lorentz dan penerapan
gaya Lorentz dalam teknologi
·
Guru memberikan umpan balik mengenai proses pem-belajaran tentang gaya
Lorentz dan penerapan gaya Lorentz dalam teknologi
·
Guru melakukan evaluasi dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari
materi selanjutnya
·
Guru menginformasikan ma-teri selanjutnya yaitu induksi elektromagnet dan
rangkaian arus bolak balik (AC)
|
· Peserta didik melakukan ref-leksi terhadap
hasil pembel-ajaran pertemuan ketiga di bawah bimbingan guru
· Peserta didik meperhatikan nasehat guru
berkaitan dengan umpan balik yang diberikan oleh guru
|
20 menit
|
A.
Penilaian, Pembelajaran Remidial dan
Pengayaan
Penilaian : Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial
(Format terlampir)
Penilaian
Pemahaman (Format terlampir)
Penilaian
Tugas Kelompok (Format terlampir)
Penilaian
Proyek (Format terlampir)
Penilaian
aspek kognitif (Format terlampir)
Penilaian
remidial (format terlampir)
Pembelajaran Remidial
Peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan minimum (KKM) fisika yaitu 2,67 harus mengikuti kegiatan remidial.
Soal Remidial
1.
Sebuah
kawat lurus panjang dialiri arus listrik sebesar 40 A. Hitunglah besarnya
induksi magnet pada sebuah titik yang jaraknya 10 cm dari pusat kawat tersebut
!
2.
Sebuah
elektron bergerak dalam suatu medan magnet serba sama sebesar 0,2 T. Arah gerak
elektron membentuk sudut 600 terhadap arah gerak medan magnet.
Apabila elektron mendapat gaya sebesar 64√3 x 10 – 14 N, hitunglah
besar kecepatan gerak elektron tersebut! (muatan elektron = 1,6 x 10 – 19
C)
3. Sebuah
solenoida mempunyai panjang 20 cm dan terdiri atas 50 lilitan. Jika kuat medan
magnet di tengah-tengah (pusat) solenoida 2π x 10 – 4 T, hitunglah kuat
arus yang mengalir pada solenoida tersebut!
Materi Pengayaan (Awas, medan magnet rel KA bisa mogokkan
kendaraan anda)
Surabaya –
Tragedi kendaraan ditabrak KA di lintasan rel, masih saja terjadi. Terakhir,
rabu (4/11/2014) kemarin, seorang mahasiswa tewas setelah mobil VW Combinya
ditabrak KA di lintasan rel di kawasan Pasar Minggu, Jakarta. Banyak faktor
yang mengakibatkan hal tersebut. Bisa jadi, gara-gara mobil yang melewati rel
itu mogok. Ya, mobil mogok saat melintasi rel, sudah banyak kisahnya. Apalagi
bila mobil tersebut berbahan bakar bensin. Pasalnya, kendaraan bahan bakar
bensin mempunyai resiko tinggi mengalami mogok mendadak saat berada di atas
rel. Tentu, bagi pengendara kendaraan berbahan bakar bensin harus lebih
berhati-hati.
Menurut DR.
Ir. Djoko Sungkono M.Eng.SC, tenaga pengajar Teknik Mesin ITS, penyebab
mogoknya kendaraan di atas rel itu karena medan magnet yang dikeluarkan roda KA
menyalur melalui relnya. Roda KA dari baja berjenis ferritic, mempunyai medan
magnet yang sangat kuat.
Untuk
memahami lebih lanjut tentang medan magnet di rel KA, bukalah alamat web
berikut :
B.
Model, Media/Alat dan Sumber Belajar
Model Pembelajaran :
Discovery learning, jika kurang efektif digunakan problem
based learning (pertemuan 1)
Problem based learning, jika kurang efektif digunakan Jigsaw
(pertemuan 2)
Problem based learning, jika kurang efektif digunakan Jigsaw
(pertemuan 3)
Media / alat : Media
presentasi, media demonstrasi Oerstet, Media percobaan gaya Lorentz
Sumber Belajar : Buku
Fisika XII SMA, sumber lain yang relevan
Mengetahui, Kota Bima, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. SUDIRMAN, HI BAMBANG
SETIAWAN, S.Pd., M.Pd
Pembina, IV A Pembina Tk I, IV B
NIP. 19641231 199203 1 237 NIP. 19750424 200003 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar